Misteri Rumah Gurita Bandung, Diduga Gereja Setan


Jika anda adalah salah satu penggemar dari kisah-kisah misteri yang ada di Internet, rumah yang satu ini tampaknya sudah tidak asing lagi untuk anda. Rumah Gurita yang lokasinya berada di Bandung ini memiliki daya tarik tersendiri karena tidak pernah ada yang tahu fakta sebenarnya mengenai tempat tersebut.

Pasalnya adalah setiap orang mempunyai versi berbeda mengenai rumah yang terkenal dengan nama patung guritanya tersebut. Selain itu, banyak juga orang yang mencoba untuk melihat rumah ini dari dekat, karena rumah tersebut hanya bisa dilihat dari jauh jika memang anda tidak familiar dengan daerah Bandung.

Misteri Rumah Gurita Bandung, Diduga Gereja Setan

Salah satu hal yang sangat menyeramkan dari rumah ini adalah patung gurita raksasa yang terlihat mengintimidasi di atasnya. Bagunan yang terletak di Jalan Cipedes Selatan No.6 Bandung ini dijuluki dengan nama Rumah Gurita karena memiliki sebuah patung gurita besar di atapnya. Hingga saat ini, fungsi utama dari bangunan tersebut masih menjadi misteri dan juga masih menjadi perdebatan baik di Indonesia maupun juga dunia. Banyak netizen yang juga berspekulasi bahwa Rumah Gurita ini awalnya adalah sebuah gereja untuk menyembah setan.

Hal ini karena pernah ada sekelompok jurnalis yang berusaha memasuki rumah tersebut. Namun, para jurnalis tersebut menemukan berbagai keanehan, salah satunya adalah nomor rumah tersebut memiliki tiga buah angka 6 yang terpasang di depan rumahnya. Menanggapi rumor tersebut, sang pemilik rumah akhirnya berbicara ke publik dan menyatakan bahwa patung gurita raksasa yang ada di atap rumahnya adalah bentuk karya seni.

Sejarah Rumah Gurita

Rumah ini sendiri dibangun pada tahun 1980-an dan sering ditinggalkan oleh sang pemilik yang lebih sering beraktivitas di Jakarta. Meskipun begitu, pemilik rumah ini masih sering mengunjungi rumah ketika hari besar dan juga hari libur tiba. Alasan mengapa terdapat sebuah patung gurita raksasa di atas huniannya adalah karena sang pemilik sangat menyukai ornamen bertema laut dan kecintaannya terhadap sebuah karya seni.

Alhasil, dibangunlah sebuah patung gurita berwarna hitam yang terlihat sangat realistis, kontras dengan cat rumahnya tersebut yang berwarna putih. Selain itu, pembuatan dari tentakel pada patung ini membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Struktur beton dan juga konstruksinya yang sangat rumit adalah komponen penting untuk membuat sebuah atap gurita ini.

Gurita Raksasa yang Ikonik

Menurut ketua RT yang berada di kawasan rumah ini, gurita raksasa yang menghiasi rumah misterius tersebut hanyalah sebuah dekorasi rumah saja. Dia menjelaskan juga bahwa patung ini sendiri merupakan sebuah tandon air yang di mana kepala gurita tersebut digunakan sebagai wadah untuk dapat menampung air.

Jika, orang kebanyakan tampak tertarik dengan rumah yang satu ini, warga sekitar dari rumah gurita tersebut merasa sebaliknya. Mereka menilai bahwa patung yang besar dan juga sebuah tentakel yang menjulur ke mana-manalah yang membuat rumah tersebut terkesan mengerikan.

Dituding Sebagai Gereja Setan

Rumah ini juga sempat dituding sejumlah pihak sebagai salah satu gereja setan karena beberapa alasan yang terdapat di rumah tersebut. Salah satunya yaitu nomor dari rumah tersebut, mempunyai angka 666. Uniknya, sang pemilik pun memasang tiga angka enam dengan pola yang berbeda-beda.

Mengingat jika angka 666 tersebut merupakan angka yang sangat identik dengan angka setan. Hal tersebut kemudian merebak menjadi isu hingga akhirnya menyebut jika rumah tersebut digunakan sebagai tempat pemujaan. Beberapa rumor malah menyebutkan bahwa untuk dapat bergabung dengan sekte sesat tersebut, anda nantinya harus mempersembahkan darah kepada setan dengan cara menusuk jari dengan menggunakan jarum.

Selain itu, banyak juga kabar yang beredar, mereka yang melakukan pemujaan harus memakan tubuh bayi dari beberapa klink aborsi dan kemudian harus meneguk darahnya. Namun, ternyata cerita-cerita di atas ini hingga kini tidak memiliki kredibilitas sama sekali. Karena tidak pernah ada saksi mata secara langsung yang melihat secara ritual tersebut.

Sekte Seks Bebas?

Selain rumor tentang gereja setan, berkembang pula juga rumor mengenai Rumah Gurita yang dijadikan sebagai lokasi untuk melakukan sebuah aliran sesat yakni seks bebas. Rumor ini menjelaskan bahwa para pengikut dari aliran sesat ini nantinya wajib melakukan hubungan sekss mereka di depan para jemaat lainnya.

Pihak kepolisian disebut pernah melakukan sebuah pemeriksaan mengenai rumor tersebut. Namun, ternyata hasil pemeriksaan mereka menunjukkan bahwa di rumah tersebut tidak ada bukti jelas mengenai rumor yang simpang-siur tersebut.

Membuat Orang Penasaran

Menurut orang sana memang banyak orang terutama dari luar kota yang datang karena mereka penasaran. Menurut pedagang yang ada disekitar rumah tersebut, orang yang datang mereka sebagian menanyai hal yang aneh-aneh. Mulai dari ini rumah setan atau kelompok dari ajaran tertentu.

Namun selama dirinya berdagang sejak tahun 1991 belum pernah melihat ada sekelompok orang yang masuk ke dalam rumah tersebut. Keberadaan rumah Gurita ini tepat berada di belakang rumah nomor 6 dan juga 47. Tidak ada jalan akses yang langsung bisa masuk ke dalam rumah Gurita. Menurut Yana untuk masuk ke dalam rumah Gurita harus melalui rumah nomor 6 lebih dulu.

Warna cat rumah yang sudah putih sudah memudar. Rumah Gurita yang bentuknya cukup aneh ini cukup tinggi. Dari Jalan Sukadamai, akan terlihat kaca patri bergambar kartu queen dan juga king skop. Sebagian lagi, bergambar enam wajah. lalu di tengahnya ada lagi gambar kartu quin dan king sekop berukuran kecil. Kemudian di bawahnya ada dua gambar dari wajah lagu.

Jika dilihat dari samping atau di Jalan Cipedes Selatan, kaca jendelanya akan terlihat bergambar seperti orang yang sedang menunggangi kuda. Sementara dari arah Jalan Sukagalih, terlihat jelas patung gurita hitam di atasnya. Mitos berkembang jauh sampai ada sebagian orang yang percaya bahwa jika ingin masuk ke rumah tersebut harus menusukkan jarum ke dalam jari-jari dan beberapa yang lain percaya jika ingin masuk kedalam harus minum darah bayi aborsi.

Tempat Perjudian

Teori yang ketiga adalah sebuah tempat perjudian. Hal ini berkembang karena kaca-kaca rumah gurita tersebut dibuat sedemikian rupa dengan membentuk seperti kartu remi. Jadi seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan di atas, jika terdapat kartu King, Queen, Jack, dan As yang dibentuk seperti jendela di rumah tersebut

 I Misteri Rumah Gurita Bandung, Diduga Gereja Setan

Simpang siur berita mengenai rumah gurita tersebut tentu tidak berdiam hanya di sebatas forum-forum liar di dunia maya saja. Cerita tentang rumah gurita tersebut juga telah diangkat menjadi film di tahun 2014 lalu disutradarai oleh Jose Poernomo. Film rumah gurita yang juga mengambil set dan lokasi di Bandung ini dibintangi oleh Shandy Aulia dan juga Boy William.

Itulah beberapa rumah dan juga fakta menarik tentang rumah gurita yang harus anda ketahui. Ternyata, hingga kini tidak pernah ada bukti mengenai rumor-rumor yang kerap beredar di Internet tentang ritual dan pemujaan di rumah tersebut.