Apakah Indonesia Masuk kedalam Negara Paling Religius di Dunia ?

Bisa diakui bahwa Negara Indonesia banyak sekali diisi oleh keberagaman dari Suku-Suku, Budaya hingga Agama. Buktinya saja, Pemerintah sudah menetapkan atas 6 Agama di Indonesia, yakni ditutupnya dengan kehadiran dari agama Konghucu. Namun pada kenyataannya, keberagaman Agama juga dialami oleh beberapa negara yang ada di dunia ini.

Bisa kami akui, jika hadirnya Agama ini menjadi sebuah kekuatan terbesar dalam mengumpulkan kehadiran massa di setiap negara. Dibalik ini semua, bisa menjadi sebuah tolak ukur akan adanya keanekaragaman budaya yang bisa menyebar sangat luas di setiap negara, pada tiap-tiap daerahnya. Agama sendiri sangat ampuh untuk bisa menyatukan pikiran dari banyak orang seperti halnya : Organisasi atau Komunitas. Di dalamnya, kalian bisa melihat mereka semua saling berbagi dan juga berkomunikasi. Banyak rupanya negara di dunia ini memiliki kekuatan agama terbesar di dalamnya. Hal inilah yang mampu membuat para penduduknya memiliki perilaku religius. 

Yang Jadi pertanyaannya adalah, Dimanakah kira-kira kekuatan agama terbesar dan paling Religius itu berada ? apakah di seluruh Negara yang ada di dunia ini ? atau hanya sebagian saja ? untuk melihat jawaban itu semua, mari kita cek bersama-sama pada bacaan yang ada di bawah ini. 

Negara Religius “ Nigeria “ 

Urutan pertama yang kami buat ada di negara Nigeria. Dimana, negara ini memiliki letak di bagian Afrika Barat. Mengenai bahasa apa yang digunakan ? mereka semua menggunakan adanya Bahasa Ibu pada pemakaian Bahasa Perancis. Disini hampir seluruh penduduk yakni sekitar 90% adalah pemeluk dari agama Islam. Tijaniyya – lalu Senussi dan juga Hamalist menjadi 3 organisasi yang paling berpengaruh yang nantinya bisa kalian temui ketika berkunjung ke negara Nigeria. Untuk kota suci yang mereka miliki adalah : (1) Madarounfa, (2) Kota Kiota, (3) Kota Say dan juga (4) Kota Agadez. Dimana kota-kota tersebut menjadi kota penting untuk umat muslim. Tercatat sudah Mayoritas sebagai penganut islam di sana sangat amat Taat. walau begitu, bukan berarti mereka semua melupakan adanya kehadiran dari 10% masyarakat  yang mana beragama lain. Mereka mampu hidup secara berdampingan dengan rukun dan juga sangat minim perpecahan. 

Negara Religius “ Sri Lanka “ 

Lalu masuk ke nomor urut berikutnya, di posisi ini Negara Sri Lanka juga menjadi negara Religius terbesar di dunia. Dimana letak dari negara Sri Lanka sendiri ada Asia Bagian Selatan. Untuk bahasa ibu yang mereka pakai sehari-hari berasal dari penggunaan : Bahasa Sinhala – Penggunaan Tamil dan sisanya Menggunakan Bahasa Inggris dengan mayoritas penduduk di Sri Lanka ini menganut sistem Agama Buddha. Totalnya sudah mencapai 70% untuk penganut Agama Buddha, dan sisanya masih menganut agama Hindu – Kristen – dan Islam. Umumnya untuk masyarakat yang ada disana menganut ajaran Buddha yang sangat taat. Mereka semua mampu untuk menerapkan adanya ajaran agama dan juga filosofinya di dalam kehidupan sehari-hari. Untuk Tuhan ? mereka menyembah Dewa : Wisnu, Dewa Siwa, Dewa Kali, Dewa Ganesa dan terakhir adalah Dewa Skanda. 

Negara Religius “ Malawi “ 

Negara yang satu ini masih masuk ke dalam sebuah wilayah yang berada di Afrika Tenggara. Untuk bahasa utama dari negara tersebut adalah Inggris dan bahasa Chewa. Masyarakat yang ada di negara Malawi, umumnya mereka adalah pemeluk dari agama Islam – lalu Hindu – Ada Katolik Roma dan juga Kristen Protestan. Banyak kok orang muslim yang ada di negara tersebut, sebab dulunya pada pedagang yang berasal dari negara Arab dari Timur Tengah yang tiba-tiba saja di negara Malawi ini untuk sebuah urusan bisnis dan membawa agama Islam ke negara tersebut. Hal yang sama nantinya akan berlaku untuk para pedagang India yang mana mengenalkan Agama Hindu. 

Lalu ada Orang Amerika dan juga Eropa serta dari Negara Australia yang membawa Agama Katolik dan Protestan ke negara ini. Mayoritas dari penduduk yang asli Chewa mereka memeluk Agama Kristen Protestan dan Katolik. Sementara itu untuk orang Yao mereka beragama Islam. Untuk secara keseluruhan, pemeluk dari Protestan benar-benar menduduki angka 55% Populasi, sementara itu untuk agama Katolik Roma memiliki 20% penganut dan 20% Penganut dari Agama Islam. Mengenai sisanya, mereka menganut agama Hindu dan lain sebagainya. Mereka semua mampu untuk menjalankan adanya ibadah dengan taat dan juga bisa mempraktekkan Ilmu Agama yang ada di kehidupan mereka sehari-hari. 

Negara Religius “ Indonesia “ 

Ya sampailah untuk negara Indonesia, ternyata masuk sebagai negara Religius terbesar yang ada di dunia. Dimana sebagian besar dari penduduk di Indonesia menganut Agama Islam ( namun ada sebagian yang memang menganut Agama Islam Paten, ada yang Islam Radikal, ada yang Islam KTP. Intinya agama islam menjadi Mayoritasnya ). Penduduk lainnya bisa menganut agama Kristen, Katolik, Hindu, Buddha hingga Agama Konghucu. 

  • Penduduk Islam : 87,2 %
  • Penduduk Kristen : 6,9%
  • Penduduk Katolik : 2,9%
  • Penduduk Hindu : 1,7%
  • Penduduk Buddha : 0,7%
  • Penduduk Konghucu : 0.05% saja. 

Walau mayoritas dari agama Islam besar, tetap negara Indonesia memakai hukum Demokrasi bukan Hukum Islam. 

Negara Religius “ Yaman “ 

Negara Yaman memiliki lokasi ada di Asia Barat. Dimana untuk bahasa yang sering sekali diucapkan adalah penggunaan Bahasa Arab. hampir dari semua penduduknya memang menganut ajaran Agama Islam. Namun ada juga di negara ini yang memeluk Agama Kristen dan juga Hindu, namun sangat amat kecil. Mereka mengikuti adanya budaya dari orang muslim, bahwa wanita benar-benar harus tertutup dalam berpakaian ketika sedang berada di luar rumah. Sebab itulah, disana kerudung menjadi salah satu adat terpenting bagi negara Yaman. Selain mengikuti ajaran agama, mereka semua juga telah menyesuaikan pada atmosfer wilayah. Wa;au begitu, ada juga yang berpakaian ala-ala barat dan itu tidak dipersoalkan. Mereka semua masih bisa hidup berdampingan dengan saling rukun. Penampilan apapun disana tidak dipermasalahkan, malah saling melakukan rasa toleransi dan rasa menghormati satu sama lainnya. 

Negara Religius “ Maroko “ 

Negara Maroko sendiri menjadi negara yang memiliki letak di Afrika Utara. Dimana langsung berbatasan dengan adanya Samudera Atlantik dan juga Laut Mediterania. Bahasa Arab menjadi bahasa yang paling banyak untuk bisa diucapkan. Bisa dikatakan hampir 99% orang Maroko menjadi penduduk Muslim. Dan hal ini memang telah menjadikan negara tersebut islam. Mereka semua selalu taat menjalankan sholat 5 waktu di setiap harinya. Doa-doa akan selalu kalian dengar ketika berada disana, sebab speaker masjid tidak akan pernah mati atau sepi dari doa-doa yang disiarkan bagi penduduk negara tersebut. Jangan harap kalian menemukan yang haram-haram. Sebab negaranya sangat amat melarang untuk : Minum Alkohol – Memakan Daging Babi – Memakai Pakaian Ketat atau apapun yang dirasa melanggar hukum Islam pasti tidak akan ada di negara tersebut. 

Selain negara-negara yang sudah kami sebutkan diatas, bahwasannya masih ada beberapa negara lainnya yang dikatakan sangat Religius. Seperti negara : 

  • Georgia = ada di wilayah Eropa Timur dengan diisi oleh banyak Gereja dan tempat Spiritual.
  • Bangladesh = negara di bagian Asia Selatan dengan menganut religius dari Islam sekitar 88% dan sisanya melahirkan kepercayaan Hindu – Kristen – Buddha – ada Animisme dan juga kesukuan hadir didalamnya. 
  • Armenia = umumnya mereka menganut agama Kristen namun, masih ada yang menganut islam. Gereja yang dimiliki di negara ini adalah Gereja Apostolik Armenia dan pastinya akan berbeda dengan gereja-gereja agama Kristen lainnya.
  •  Thailand = 95% mereka semua menganut agama Buddha, untuk sisanya menganut agama Hindu – Kristen dan Islam. Mengapa bisa sebesar itu penganutnya ? sebab disana terdapat 30.000 kuil untuk beribadah.